Situs referensi Daftar Harga Motor dan spesifikasi terbaru 2018. mulai dari Harga Motor Honda , Harga Motor Yamaha , kawasaki , Suzuki dll.

Syarat Bayar Pajak Motor Tahunan Di Samsat 2017

Syarat Bayar Pajak Motor - Memiliki sepeda motor memang sangat bagus, soalnya kalau punya sepeda motor kesudahannya bermacam-macam kegiatan kita dapat jadi lebih mudah. Aktivitas sehari hari makin simpel kesudahannya kita dapat terbantu sekali. Sepeda motor sudah sangat usang ada dan hingga kini pun masih digunakan & digunakan.

Untuk menjaga sepeda motor tetap fit dan prima perlu perawatan yang baik dan berkala. Hal ini dilakukan supaya kinerja motor masih tetap optimal dair waktu ke waktu. Namun tak cuma perawatan di motornya saja, kita juga harus merawat surat surat kendaraan. Caranya bagaimana ya dengan membayar pajak motor.

Pajak motor yang dimaksud yaitu perpanjangan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK ). Seperti kita tahu sepeda motor punya STNK ini. Dan tak menyerupai BPKB, STNK butuh perpanjangan tetap supaya masih dapat digunakan. Perpanjangan ini ditentukan dari batas waktu mencakup tanggal, bulan dan tahun yang biasanya ada di bab bawah STNK. Perpanjang di lakukan 1 tahun sekali

Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK ) memang perlu diperpanjang supaya dapat digunakan. Itu sudah ada aturannya di indonesia. Di STNK sendiri itu ada 4 buah kolom atau kotak yang mana itulah tempat diberikannya tanda perpanjangan berupa cap / stempel dari pihak kepolisian. Jika sudah penuh maka akan diganti yang baru.

Untuk memperpanjangnya sendiri dilakukan di SAMSAT ( Sistem Administrasi Satu Atap ) Kepolisian. Caranya terbilang cukup mudah. Yang terpenting yaitu syarat bayar pajak motor STNK ini dilengkapi supaya proses bayar pajak motor / perpanjangan STNK dapat di proses sebagaimana mestinya.

Bicara syarat bayar pajak motor, apakah diantara sahabat otomotif sudah pada tahu? diantaranya mungkin saja iya. Namun diantaranya lagi dapat jadi masih belum terlalu tahu soal syarat memperpanjang STNK ini. Nah hening tak usah kuatir motorcomcom sudah mempersiapkan syarat bayar pajak motor tahunan di samsat dibawah ini untuk sahabat semuanya.

SYARAT BAYAR PAJAK MOTOR

Untuk syarat bayar pajak motor sendiri cenderung gampang saja, Untuk memperpanjang STNK motor kalian cukup menyiapkan berkas menyerupai berikut:
  1. STNK Asli
  2. KTP Asli
Cuma itu saja? ya memang demikian saja sahabat otomotif. Namun perlu dicatat ya bahwa nama yang ada di STNK motor harus sama dengan nama di KTP. Kalau dahulu memang ribet dan perlu fotocopy ini itu, namun setau motorcomcom kini dipermudah yakni cuma STNK sama KTP orisinil saja. Dan sekali lagi nama di STNK sama KTP wajib sama.


 Memiliki sepeda motor memang sangat anggun Syarat Bayar Pajak Motor Tahunan di Samsat 2017
Syarat Bayar Pajak Motor

Proses Cara Bayar Pajak Motor

1. Pergi Ke SAMSAT

Jika semua syarat sudah sahabat otomotif siapkan, kalian tinggal pergi ke SAMSAT terdekat di tempat kalian. Setelah hingga tinggal masuk saja, kemudian pergi ke Loket Pendaftaran Bayar Pajak Motor / STNK. Lalu ambil map yang sudah disediakan. Kemudian masukkan KTP dan KTP Asli. Dan berikan saja ke petugas tersebut. Jika diperiksa sudah lengkap, maka sahabat akan dikasih nomer antrian.

2. Pembayaran Pajak Motor ( STNK )

Sobat otomotif tinggal duduk saja di tempat yang disediakan. Kemudian tunggu hingga di panggil. Setelah nomer antrian dipanggil, sahabat ke loket pembayaran. Setelah itu kalian akan diminta untuk membayarkan sejumlah uang untuk pajak motor. Besarannya berbeda beda tergantung sepeda motor sobat.

Kalau tak salah semakin besar kapasitas mesinnya itu makin mahal. Dan juga keluarannya apakah model gres atau usang juga mempengaruhi. Setelah bayar sesuai jumlah yang ditentukan, nomer antrian akan dikembalikan namun sudah ada stempel bukti kalian sudah membayar.


3. Pengambilan STNK

Nah kalau sudah bayar, kembali duduk lagi untuk menunggu nomer antrian di panggil. Saat dipanggil, petugas akan menawarkan STNK sahabat yang sudah diberi sticker / cap tanda sudah diperbaharui / sudah banyak pajak. Nah kalau begini bayar pajak motor jawaban sudah dan kalian dapat pulang.


Itulah syarat bayar pajak motor serta proses pembayarannya. Namun ingat kembali ini buat yang STNK sama KTP namanya itu sama. Lantas bagaimana misalkan kalau STNK yang akan kita bayar itu namanya beda sama KTP kita? soalnya belinya dalam kondisi seken alias setengah pakai?. Nah untuk hal tersebut masih dapat dilakukan.

Caranya ada beberapa misalkan melalui jasa perpanjang STNK atau yang lainnya. Namun tentu biaya yang diharapkan malahan lebih banyak serta untuk waktunya biasanya agak lama. Tapi kalau tak mau demikian sebaiknya sahabat balik nama saja sesuai KTP kalian supaya besok besok untuk bayar pajak motor jadi lebih mudah. Demikian warta syarat bayar pajak motor dari motorcomcom semoga bermanfaat.
Sumber http://motorcomcom.blogspot.com/

Previous
Next Post »

Post a Comment