Cara Mengendarai Motor Kopling - Selain motor matic, ada jenis motor yang disebut sebagai motor kopling. Motor kopling bagi yang belum pada tahu itu ialah motor yang mengerakannya perlu menggerakkan tuas kopling yang berada di kaki. Namun yang dimaksud disini itu motor kopling yang memakai handle ( manual ), bukannya kopling biasa yang kerap ditemui di motor angsa contonya honda supra x 125, honda revo dan lain lain.
Ya meskipun sejatinya ada juga motor angsa yang memakai kopling manual ibarat Yamaha Jupiter MX. Serta ada pula motor ayago yang menggunakannya ibarat motor Honda Sonic 150 atau Suzuki Satria F150. Namun kebanyakan motor kopling itu ialah motor tipe sport. Kalau di indonesia contohnya ibarat Yamaha Vixion, Honda CBR150R dan lain lain.
Motor kopling sendiri sudah usang ada di indonesia, namun meski begitu ternyata masih banyak diantara sahabat otomotif yang ternyata masih belum terlalu tahu bagaimana untuk mengedarai motor kopling. Ya kalau hal ini sih rasanya masuk akal saja, sebab memang dari semua tipe motor, motor tipe kopling manual yang paling susah dalam mengendarainya.
Tak ibarat motor matic yang untuk menjalankannya cukup menarik gas saja. Dan pribadi berlari sesuai dengan keinginan. Ataupun motor angsa yang tinggal menginjak motor kopling saja. Motor kopling manual yang kerap ada di motor sport sendiri itu perlu perpaduan antara tangan dan kaki. Serta terkadang feel itu sangat diharapkan semoga bisa lancar berkendaranya.
Lantas kenapa ya hingga susah susah dibentuk motor kopling manual? bukannya kalau motor matic ataupun motor angsa malah lebih mudah. Jawabannya yakni disisi kecepatan. Ya motor kopling manual cenderung mempunyai kecepatan yang lebih ahli dan powerfull. Hal ini sebab perpindahan tenaga bisa lebih lancar.
Nah inilah mengapa biasanya sistem kopling manual itu kerap digunakan untuk motor balap. Tenaga di mesin bisa didistribusikan dengan sangat baik sehingga motor bisa melesat dengan cepat dan bisa meraih kecepatan tertinggi. Lalu sahabat motorcomcom semuanya, Pola transmisi untuk tipe motor kopling itu cenderung berbeda yakni 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 atau kalau transmisi nya 6 ya 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 - 6.
Beda sekali dengan motor kopling biasa ibarat motor angsa yang polanya itu N - 1 - 2 - 3 - 4. Melihat dari trasnmisi motor kopling manual, tentunya itu jauh memperlihatkan fasilitas untuk mengembalikan posisi gear ke N. Baiklah sahabat otomotif jikalau ada yang ingin tahu bagaimana cara mengendarai motor kopling berikut isu nya dari motorcomcom buat kamu.
Cara Mengendarai Motor Kopling |
Cara Mengendarai Motor Kopling
- Hal pertama tentunya yakni naik diatas motor
- Selanjutnya posisikan kunci kontak pada posisi ON
- Lihat di speedometer & pastikan posisi gear itu Netral ( N ). Biasanya warna nyalanya itu hijau
- Kalau sudah tekan tombol starter. Menekannya tak perlu usang lama sahabat otomotif cukup 3 detik saja. Karena kalau usang lama bisa bisa akinya malah tekor.
- Tarik handle yang berada di stang penggalan kiri. Lalu injak tuas kopling kearah depan ( berlaku juga buat transmisi model cungkil ala motor sport fairing ) hingga suara "klek".
- Tetap pegang handle namun kaki tak perlu menginjak transmisinya lagi. Kemudian kau lepaskan handle secara perlahan bebarengan memuntir gas perlahan juga. Jangan pribadi lepas handel sebab motor bisa meloncat kedepan dan mesin. Biasanya hal ini butuh sedikit feel.
- Ketika motor sudah berjalan jalan juga jangan pribadi dilepas handle nya. Tetap dipegang ( ditekem ) namun tak hingga penuh.
- Jika motornya sudah berjalan sekitar 10 km/jam. Pindah posisi gearnya ke gear 2 yakni dengan cara menarik handle secara penuh, kemudian injak transmisi ke belakang ( untuk model cungkil yakni dengan mencungkilnya ke atas ). Melepasnya pun juga perlahan lahan ibarat waktu transmisi 1.
- Untuk menaikkan transmisi ke atas caranya sama ibarat itu.
- Jika ingin berhenti, tarik penuh handle kopling kemudian injak pedal rem secara perlahan hingga berhenti.
- Saat sudah berhenti tetap pegang penuh handle kopling, kemudian kalau sudah begini tinggal balikkan transmisi ke posisi N. Caranya tinggal tekan tuas kopling ke penggalan depan dulu ( kalau model cungkil di tekan kedepan ) maka akan pribadi ke posisi 1.
- Dan untuk posisi N tinggal tekan tuas ke belakang namun cukup 1/2 saja jangan hingga tekan penuh ( untuk model yang model kopling cungkil, tinggal cungkil keatas 1/2 saja jangan hingga penuh ). Transmisi pun akan ke posisi N ( Netral ).
Demikian itulah sahabat otomotif semuanya cara mengendarai motor kopling buat pemula dari motorcomcom. Cara tersebut bisa digunakan untuk motor dengan kopling manual ibarat yamaha vixion, yamaha jupiter mx, honda cbr150r, yamaha r15 dan lain lain. Semoga bisa bermanfaat dan mempunyai kegunaan bagi sahabat yang memang belum pernah dan ingin mengendarai motor kopling artikle perihal cara mengendarai motor kopling yang baik.
Oh ya sedikit tips buat sahabat otomotif dikala mungkin melewati tanjakan ataupun turunan. Cara mengendarai motor kopling di tanjakan misalnya, dikala mau naik kurangi dulu giginya. Caranya sama diatas yakni pegang penuh handle kopling kemudian oper gigi hingga gigi 1. Setelah itu dikala perlahan naik tinggal tetap pegang handle namun tak hingga penuh.
Kemudian dikala kecepatan perlahan tinggi ikuti juga dengan pengoperan gigi ke yang selanjutnya 2 kemudian 3. Biasanya sih untuk naik tanjakan yang digunakan gear 2 hingga 3, kalau gear 4 dan seterusnya bisa bisa terlalu membenani mesin. Selanjutnya untuk menuruni turunan, ketika sudah berjalan tekem handle kopling namun jangan terlalu penuh bisa bisa malah terlalu cepat turunnya.
Pegang handle kopling setengah saja sudah cukup sambil menginjak rem perlahan. Untuk turunan biasanya sih posisi gear itu juga pakai gear 2 atau gear 3. Oh ya sahabat kadang ada juga yang galau dikala berhenti di lampu merah. Kalau yang ini gampang saja, dikala kalian melaju dan melihat lampu merah di depan kurangi kecepatan dan kurangi gigi.
Tinggal tarik full handel kopling kemudian tekan kopling ke depan dan nanti posisi gear hingga posisi 1. Atau kalau sahabat mau ya posisikan ke Netral kalau gak juga gak apa apa. Lalu dikala berhenti lepas saja handle kopling ( ini berlaku untuk gigi Netral ). Ketika lampu hijau tarik full handle kopling kemudian injak transmisi ke depan dan tinggal melaju kembali. Itulah yang bisa motorcomcom berikan dan hingga jumpa di artikel selanjutnya. Sumber http://motorcomcom.blogspot.com/