Situs referensi Daftar Harga Motor dan spesifikasi terbaru 2018. mulai dari Harga Motor Honda , Harga Motor Yamaha , kawasaki , Suzuki dll.

4 Cara Gampang Merawat Aki Motor Semoga Lebih Infinit Dan Tahan Lama

Cara Merawat Aki Motor Biar Lebih Awat dan Tahan Lama 4 Cara Praktis Merawat Aki Motor Biar Lebih Awet dan Tahan Lama
Cara Merawat Aki Motor Biar Lebih Awat dan Tahan Lama - Bicara soal aki motor, jenis aki sendiri mempunyai dua varian type, yaitu jenis aki lembap dan aki kering. Berdasarkan fungsi dan kegunaanya, kedua jenis aki/accu tersebut sama-sama dipakai untuk menyuplai kebutuhan listrik untuk menjalankan mesian pada motor. 

Jika ditanyakan mana yang lebih anggun antara aki lembap dan aki kering, maka balasan yang paling umum yakni aki kering. Kenapa aki kering lebih bagus? Aki kering mempunyai ketahan yang cukup usang dan perawatannya pun cukup simpel bila dibandingkan dengan aki basah. Itu sebabnya banyak pengguna kendaraan bermotor beralih ke jenis aki kering. Walaupun begitu, perawatan aki lembap bekerjsama juga tidak sesusah yang dibayangkan. 

Bagi sahabat yang motornya memakai aki lembap atau kering dan memerlukan tips merawatnya, berikut ini ada beberapa cara, kiat dan tips merawat aki biar tahan usang dan infinit yang bisa Anda terapkan.

#1. Nyalakan motor setiap hari minimal 15 menit
Cara pertama yang bisa Anda lakukan cukup sederhana,cukup dengan menyalakan motor setiap hari minimal selama 5 - 15 menit. Cara ini bertujuan biar komponen-komponen yang mendukung kelistrikan tetap mempunyai kondisi baik. Ini sangat penting dilakukan bila kendaraan jarang digunakan.


#2. Cek Ketinggian air aki
Cara ini sangat penting dilakukan apakah air aki masih tinggi atau sudah habis. Jangan hingga air akinya habis, bila air aki habis maka aki akan simpel rusak dan mati. Usahakan selalu cek aki secara berkala. Jika dirasa air akinya akan habis, segera tambahkan lagi. Cara menambahkan air aki juga sangat simpel kok.

#3. Cek kondisi kedua terminal aki
Periksa kondisi pada kedua terminal aki, cara ini sangat penting dilakukan untuk selalu mengecek terminal aki, apakah bisa mengalirkan seluruh energi listrik kebagian-bagian komponen mesin dengan lancar atau tidak. Bisa jadi bila tidak sering dibersihkan pada kedua terminal aki akan berkerak putih dan rapuh, sehingga proses penyaluran listrik tidak maxsimal bahkan sanggup menjadikan aki cepat soak.

#4. Periksa kondis pada kiprok motor
Peranan Kiprok sangat penting disetiap kendaraan bermotor. Kiprok bertugas sebagai regulator penyuplai energi listrik kedalam aki. Pada komponen ini sangat simpel sekali ditebak bila mengalami kerusakan, salah menandakan bila kiprok rusak yakni lampu utama akan redup dan bahkan lampu simpel putus. Untuk menghindari kerusakan menyerupai ini, maka periksalah secara berkala.

Beberapa tips dan cara merawat aki motor diatas terbilang cukup simpel dan hanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama. Meskipun begitu, banyak juga yang sering melalaikan beberapa tips dan cara merawat aki motor diatas.

Previous
Next Post »

Post a Comment