New ducati panigale 959, secara hakikatnya yaitu versi pembaharuan (update) untuk motor sebelumnya yakni panigale 899. Superbike gres ini diciptakan guna merevisi serta menyempurnakan aneka macam hal yang dirasakan masih kurang manis pada sang adik (panigale 899). Dan sekaligus akan menggantikan adiknya tersebut dalam persaingan di kelas superbike. Motor ini ditawarkan dengan 2 pilihan warna yakni Merah dan Putih.
Desain
Ducati Panigale 959 Putih |
panigale yang lainnya. Mirip sama panigale 899 maupun 1299. Bagian depan masih mengaplikasikan headlamp meruncing dengan dua lampu yang menyipit & tajam. Pokoknya beberapa part masih cenderung mirip dengan para saudaranya.
Namun mengingat superbike ini mengusung tagline "The Perfect Balance", tentu saja ada beberapa part yang sengaja dibentuk berbeda dibandingkan dengan lainnya. Diantaranya yakni jok pembonceng dibentuk gres dengan busa yang lebih lebar. Lalu ada juga knalpot dengan 2 buah pilihan yakni menggunakan 1 knalpot (standart) untuk versi Amerika & 2 buah knalpot untuk versi eropa dan negara-negara lainnya selain Amerika.
Dan sebab hal inilah maka bobot motor panigale 959 ini beda antara versi amerika dengan versi negara lainnya. Di amerika superbike ini punya berat kosong yang lebih ringan sekitar 5 kg dibandingkan versi eropa dan negara lainnya.
Mesin
Berbeda dengan sang adik Panigale 899, New Panigale 959 membawa mesin terbaru yang mana berkapasitas 955 cc, Superquadro, Desmodromic, L-Twin Cylinder, 4 Valve per cylinder, beristem pendinginan cairan (Liquid Cooled). Dan menariknya lagi teman-teman, mesin tersebut yaitu mesin Superquadro pertama yang telah sesuai atau lulus untuk Standar Emisi EURO 4. Berbeda sekali kan dengan sang adik yang hanya lulus emisi EURO 3.
Ducati Panigale 959 Merah |
Tenaga serta torsi yang dimiliki motor ducati ini tak lepas dari ubahan yang dilakukan penggalan stroke. Dimana untuk ukuran stroke ditingkatkan dari 57,2 mm menjadi 60,8 mm. Atau meningkat 3,6 mm. Lalu untuk bore nya sendiri masih sama saja yakni 100 mm.
Engine gres ini mengandalkan sistem pembakaran Mitsubishi Electronic Fuel Injection System dengan 2 buah injektor di setiap silindernya. Dan membuat tingkat konsumsi materi bakar menjadi lebih hemat dan irit. Oh ya hingga lupa, mesin yang dipakai oleh panigale 959 ini juga telah menerapkan Desmo System. Dan menariknya, sistem ini selalu dipakai oleh setiap motor ducati baik pada pada tim Ducati Corse's World Superbike hingga tim Desmodesici Motogp.
Rangka
Sama mirip sang adik, Motor superbike gres ini dibangun dengan frame Alumunium Monocoque. Namun untuk panigale 959 lebih mumupuni dan cenderung malah ibarat milik panigale 1299. Rangka tersebut bisa menopang mesin Superquadro yang dipakai serta aneka macam komponen lainnya dengan sangat baik sehingga bisa membuat stabilitas serta balance yang tinggi ketika dikendarai baik ketika trek lurus maupun jalan menikung.
Suspensi
New Ducati Panigale 959 menggunakan suspensi yang lebih baik yakni pakai Showa Big Piston Fork (BPF) diameter 43 mm yang bisa disetel sepenuhnya (full adjust) di sektor depan. Lalu di sektor belakang ada suspensi Monoshock dari Sachs yang terintegrasi dengan Swing Arm Alumunium yang mana juga bisa disetel kenyamanannya sesuai dengan kebutuhan.
Generasi penerus dari panigale 899 ini, mengaplikasikan velg 10 jari dengan ukuran 3,5 inchi di depan dan 5,5 inchi di belakang. Kemudian ban yang dipakai yaitu Pirelli Diablo Rosso Corsa, yang mana masing-masing 120/70 ZR17 (depan) dan 180/60 ZR17 (belakang). Dan yang menarik, ban tersebut ternyata dikembangkan dengan teknologi Pirell di World Superbike, sehingga memang berkualitas dan punya performa yang sangat baik.
Sistem Pengereman
Untuk sektor pengeremannya sendiri, New Ducati Panigale 959 mengandalkan cakram ganda 4 kaliper piston Brembo Monobloc M4.32 berdiameter 320 mm dibagian depan & cakram ganda 2 kaliper piston Brembo Monobloc berdiameter 245 mm di belakang. Tak tak ketinggalan perangkat ABS dari Bosch juga disematkan.
Ducati Panigale 959 |
Perangkat Elektronik
Layaknya motor superbike buatan ducati, panigale 959 ini juga dibekali dengan beberapa perangkat elektronik yang canggih & mutakhir. Diantaranya : Anti-Lock Braking System (ABS), Ducati Traction Control (DTC), Ducati Quick Shift (DQS), Engine Brake Control (EBC), DDA + Ready dan Ride-by-Wire (RbW). Serta tersedia juga 3 Riding Mode : Race, Sport & Wet.
Spesifikasi Ducati Panigale 959:
- DIMENSI
- Tinggi jok atau daerah duduk yaitu 830 mm.
- Jarak sumbu kedua roda: 1431 mm.
- Kapasitas tangki materi bakar mencapai 17 liter.
- Berat kering 171 kg & berat berair 195 kg.
- Trail : 96 mm.
- Memakai frame Monocoque Alumunium.
- Suspensi depan Showa BPF fork. 43 mm chromed inner tubes, fully adjustable. & suspensi belakang menggunakan Sachs Unit. Alumunium double-sided swing arm. fully adjustable.
- Roda depan menggunakan velg 10 jari 3.50" x 17" sedangkan belakang menggunakan velg 10 jari ukuran 5.50" x 17".
- Ban yang dipakai sama antara depan dan belakang yakni menggunakan ban Pirelli Diablo Rosso Corsa. Namun untuk ukuran keduanya berbeda yakni 120/70 ZR17 (depan) dan 180/60 ZR17 (belakang).
- Rem depan menggunakan cakram ganda 4 piston kaliper Brembo Monobloc M4.32 berdiameter 320 mm & rem belakang menggunakan cakram tunggal 2 kaliper piston diameter 245 mm yang juga dari Brembo. Kemudian masing-masing rem tersebut telah menggunakan peralatan ABS dari Bosch.
- travel roda depan : 120 mm & travel roda belakang : 130 mm.
- Kapasitas 955 cc, Superquadro, Desmodromic, L-Twin Cylinder, 4 Valve per cylinder, beristem pendinginan cairan (Liquid Cooled).
- Bore x stroke : 100 mm x 60,8 mm.
- Perbandingan komprehensi rasio : 12,5 : 1.
- Power maksimal yang dihasilkan 115 kW (157 hp) / 10000 rpm, dengan torsi maksimal sebesar 107,4 Nm (79.2 lb-ft) / 9000 rpm.
- Sistem materi bakar : Mitsubishi Electronic Fuel Injection System, 2 injektor per silinder. Full ride-by-wire elliptical throttle bodies.
- Sistem pembuangan emisi : sistem 2-1-2 dengan catalyc converter dan 2 lambda probes. knalpot stainless steel ganda dengan alumunium outer sleeves.
- Transmisi 6 kecepatan dengan Ducati Quick Shift (DQS).
- Tipe kopling : Slipper and self-servo wet multiplate clutch with hydraulic control.
- Peralatan standart: Riding Mode, Power Mode, ABS, DTC, DQS, EBC, Fully Rbw, Sterring Damper, DDA + Ready.
Harga Ducati Panigale 959 - Bulan Februari 2018:
- Harga Panigale 959 baru Rp. 658.900.000
- Harga Panigale R Rp. 1.978.900.000
- Harga Ducati Panigale 899
- Harga Ducati Monster 696
- Harga Ducati Panigale 1199
- Harga Motor BMW Indonesia
- Harga Motor Ducati di Indonesia
- Harga Ducati Srambler Sixty 2 Indonesia