Harga Honda Beat eSP dan POP eSP - Seakan tak ingin tertinggal dari para kompetitornya yang telah memunculkan motor gres yang bergenre matic ( yakni yamaha dengan mio m3 125 blue core dan suzuki dengan address ), Honda pun secara resmi telah meluncurkan produk terbaru mereka.
Tepat pada tanggal 11 desember 2014, pabrikan otomotif asal jepang tersebut merilis motor anyar bergenre matic mereka yang diberi nama Honda Beat eSP. Tidak tanggung-tanggung, motor yang sejatinya merupakan versi terbaru dari motor matic mereka ( Beat ) itupun di hadirkan dengan 2 pilihan varian sekaligus yakni eSP dan POP eSP.
Antara 2 varian tersebut, gotong royong tidak ada perbedaan yang terlalu siginifkan. Tapi yang paling kentara antara keduanya yakni tampilan & dari konsep desain yang di pakai. Untuk yang eSP lebih menganut desain yang sporty, sedangkan untuk POP eSP lebih mengacu pada konsep desain yang stylist. Dengan menganut gaya sporty, eSP di desain dengan bentuk body yang lebih keren dengan lekukan-lekukan tajam disana-sini.
Dan bahkan uniknya, jikalau kita perhatikan, si eSP ini malah terlihat hampir menyerupai dengan matic sebelumnya yakni Beat FI. Sedangkan untuk POP eSP yang menganut gaya stylish, mempunyai bentuk body dengan lekukan yang lebih sedikit dan telah mengalami perubahan dibandingkan versi terdahulu dimana letak lampu seinnya tidak lagi menyatu dengan lampu utama, tapi sudah terpisah dan terletak di sisi bawahnya.
Selain perbedaan tersebut, tidak ada perbedaan lain baik dari segi teknologi maupun fitur-fiturnya. Lantas apa saja kelebihan dan fitur yang coba ditawarkan oleh motor matic eSP & POP eSP ini?
- Teknologi Canggih ESP ( Enhanced Smart Power )
Hal tersebut, akan menciptakan motor yang menggunakannya akan menjadi lebih cepat, hemat dan juga ramah lingkungan. Teknologi ini sendiri pun gotong royong telah usang di perkenalkan dan bahkan telah di aplikasikan pada motor-motor matic honda sebelumnya menyerupai pada Honda Vario 125, Honda PCX 125 & 150.
Kehandalan teknologi ini pun terbukti, motor matic berkapasitas mesin 110cc, 4-Langkah, SOHC, bersistem pendinginan berupa udara yang bisa mengeluarkan tenaga maksimal sampai 6,38 kW ( 8,68 PS ) / 7500 rpm dan torsi maksimal mencapai 9,01 Nm ( 0,92 kgf.m ) / 6500 rpm ini bisa berakselerasi dengan cukup cepat.
Yakni dari jarak 0 - 200 meter hanya membutuhkan waktu 12,6 detik saja. Selain itu kecepatan maksimum dari motor matic ini juga tidak mengecewakan tinggi yakni 94 km/jam. Ini bahkan lebih cepat jikalau kita bandingkan dengan honda beat FI yang hanya mampu pada kecepatan 89 km/jam saja.
- Teknologi ACG Starter
- Teknologi ISS ( Idling Stop System )
Manfaat dari teknologi ini pun terbukti dengan membuat honda esp dan pop esp ini mempunyai konsumsi yang hemat yakni 63 km/liternya. Dan teknologi ini di rasa sangat membantu bagi para pengendara, apalagi ketika harus menghadapi kemacetan di tempat perkotaan.
- Teknologi CBS ( Combi Brake System )
Honda Beat eSP Sumber Gambar : http://www.astra-honda.com/produk/kendaraan/all-new-honda-beat-esp/#.VNAgIy4nLOI |
Honda Beat POP eSP Sumber Gambar : http://www.astra-honda.com/produk/kendaraan/all-new-honda-beat-pop-esp/#.VNAgIS4nLOI |
- Fitur Brake Lock System
- Fitur Smart Stand Switch
- Fitur Magnetic Key Shutter
- Kapasitas penyimpanan U-BOX
Kedua motor ini mempunyai 3 varian pilihan yakni Cast Wheel ( CW ), CBS dan CBS ISS. Sedangkan untuk warnanya masing- masing yakni
- eSP : CW ( Techno White, Funk White, Hard Rock Black ), CBS ( Electro Red, Funk White, Hard Rock Black), CBS ISS ( Electro Red, Funk White, Hard Rock Black, Techno White ).
- POP eSP : CW ( Harmony White, Tone Black ), CBS ( Groovy Red, Harmony White, Tone Black ) dan CBS ISS ( Groovy Red, Harmony White, Tone Black, Melody Blue ).
Spesifikasi Honda Beat eSP dan POP eSP:
- DIMENSI
- Panjang motor yakni 1873 mm ( eSP ) & 1867 mm ( POP eSP ).
- Tingginya yakni 1074 mm.
- Lebarnya sampai 678 mm.
- Jarak sumbu roda yang dimilikinya yakni 1256 mm.
- Jarak terendah sampai ke tanah yakni 140 mm.
- Berat kosong motor ini yaitu 95 kg ( eSP ) & 94 kg ( POP eSP ).
- Kapasitas tangki materi bakarnya mencapai sampai 3,7 liter.
- Menggunakan jenis rangka tulang punggung atau sering disebut Underbone .
- Mengunakan suspensi depan yang berjenis teleskopik dan jenis lengan ayun dengan peredam kejut tunggal di bab belakangnya.
- Ukuran ban depannya yakni 80/90 - 14 M/C 40P, sedangkan untuk ukuran ban bab belakang yakni 90/90 - 14 M/C 46P.
- Rem depan menggunakan rem cakram hidrolik berpiston tunggal, sedangkan untuk belakang masih mengandalkan rem tipe tromol.
- Mesin kelas 110 cc, 4 langkah, SOHC, eSP Technology yang beristem pendinginan berupa udara.
- Diameter x langkah mesinnya yakni 50 mm x 55,1 mm.
- Perbandingan komprehensi rasio mesinnya yaitu 9,5 : 1.
- Daya maksimum yang bisa dikeluarkanya yakni 6,38 KW ( 8,68 PS ) / 7500 rpm, sedangkan untuk torsi maksimumnya mencapai 9,01 Nm ( 0,92 kgf.m ) / 6500 rpm.
- Kapasitas minyak pelumas alias oli yakni 0,7 liter saja.
- Untuk menghidupkan mesin dengan cara electrik starter dan kick starter dengan teknologi ACG Starter.
- Batteray yang di pilih untuk digunakan yakni Batteray 12V-3Ah ( MF ).
- Busi yang digunakan yakni yang tipe NGK MRC9C-9N / DENSO V27EPR-N9.
- Pengapiannya telah mengusung teknologi Full Transistorized denga Batterai.
Harga Honda Beat eSP dan POP eSP- Bulan Agustus 2017 :
- Harga Honda Beat eSP Baru
- Harga Honda Beat eSP CW Rp 14.600.000
- Harga Honda Beat eSP CBS Rp 14.800.000
- Harga Honda Beat eSP CBS ISS Rp 15.300.000
- Harga Honda Beat POP eSP CW Rp 14.300.000
- Harga Honda Beat POP eSP CBS Rp 14.600.000
- Harga Honda Beat POP eSP CBS ISS Rp 15.100.000
Sumber http://motorcomcom.blogspot.com/